sejarah manusia dalam perspektif barat

A. Manusia Kera dari Afrika Selatan
1. Australopithecus Africanus
Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar  Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924.  Bagian tubuh yang  ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.
2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri  isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta  memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter.  Kedua fosil menusia kera  tersebut disebut australopithecus.
B. Manusia Purba / Homo Erectus
1. Sinanthropus Pekinensis
Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di  gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz  Weidenreich.  Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok  pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta  hidup di era zaman yang bersamaan.  Sinanthropus pekinensis memiliki  volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.
2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh  Von Koningswald pada tahun 1939 – 1941.
3. Manusia Heidelberg
Manusia heidelberg ditemukan di Jerman
4. Pithecanthropus Erectus
Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil  telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh  Eugene Dubois.  Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau  kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu.  Volume otak  Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 – 1000 cm kubik.   Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut  adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.
C. Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang  termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira  1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu.  Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai  manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
1. Manusia Swanscombe – Berasal dari Inggris
2. Manusia Neandertal – Ditemukan di lembah Neander
3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon – Ditemukan di gua  Cro-Magnon, Lascaux Prancis.  Dicurigai sebagai campuran antara manusia  Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.
4. Manusia Shanidar – Fosil dijumpai di Negara Irak
5. Manusia Gunung Carmel – Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina
6. Manusia Steinheim – Berasal dari Jerman.

Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi  atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia  modern.
Yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak  terbukti kebenarannya karena teori evolusi telah runtuh. Fosil manusia  lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang  memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: